Ad Code

Tips Memakai Masker saat Makan di Restoran demi Cegah Covid-19




 Duniamaya- Dalam masa pandemi COVID-19 sekarang ini, mematuhi protokol kesehatan adalah cara yang dianggap ampuh untuk memutus rantai penyebaran penularan infeksi COVID-19

Protokol kesehatan tersebut sudah diserukan oleh pemerintah sejak pertama kali virus COVID-19 masuk ke Indonesia. Namun, sampai saat ini masih saja banyak masyarakat yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Baca juga: Sariawan Biasa atau Gejala Covid-19? Begini Cara Membedakannya


Pasalnya menurut mereka  selain mengganggu aktifitas, mematuhi protokol kesehatan pun sangat membuat tidak nyaman. 

Protokol kesehatan yang diserukan pemerintah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus COVID-19 antara lain adalah memakai masker, selalu cuci tangan, dan menjaga jarak. 

Kali ini saya akan membahas tentang masker disaat sedang makan di restoran demi cegah penularan Covid-19.

Sayangnya, memakai masker didalam setiap aktifitas bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat kita akan makan di restoran, tentu saja kita tidak mungkin selalu memakai masker kan?

Melepas masker saat makan juga tidak menutup kemungkinan bahwa masker akan kotor bahkan terkontaminasi virus.

Lalu adakah tips tentang memakai masker di restoran demi cegah covud-19? Jawabannya ada. Sebenarnya, bagaimana cara yang tepat untuk memakai masker saat makan di restoran? 

Berikut beberapa tips & trick nya

Tetap Pakai Masker Saat Tiba di Restoran

Pada saat sekarang ini, sebagian restoran tentu mewajibkan pengunjungnya untuk memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki restoran tersebut. 

Jika anda tidak mematuhi protokol kesehatan tersebut, bisa saja anda tidak boleh masuk atau bahkan tidak akan dilayani.

Baca juga : Mengenal Lebih dalam Tentang Kandungan dan Efek Samping Vaksin Sinovac


Selain itu, memakai masker ketika diperjalanan dan di tempat-tempat ramai baik itu restoran atau apapun , dapat memperkecil resiko terinfeksi virus.

Lepas Masker Saat Makanan Datang

Melepas masker saat kita akan makan di restoran yang tentunya akan tetap ramai pengunjung, tidak menutup kemungkinan kita akan tertular virus tersebut.

Tetapi, sebaiknya usahakan tetap lakukan pysical distancing ( menjaga jarak) sekitar ±2 meter dari pengunjung restoran lainnya untuk memperkecil resiko penularan Covid-19.

Lepas Masker dengan cara memegang melalui tali masker tersebut, jangan menariknya melalui bagian depan masker.

New: 5 Jenis Obat Batuk, Fungsi, dan Efek Sampingnya


Lalu, letakkan masker di tempat atau wadah yang bersih dan higenis, untuk menghindari masker kotor dan agar tidak terkontaminasi virus.

Saat akan meletakkan masker tersebut, usahakan bagian yang menutup hidung dan mulut dilipat saling berhadapan atau kearah dalam lipatan.

Hindari menggantu masker di dagu, atas kepalanya, atau salah satu telinga. Hal itu dapat meningkatkan resiko terkontaminasi virus dengan cepat.

Lepas Masker dengan Hati-Hati

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, lepas masker harus dalam keadaan hati-hati dan perlahan yaitu dengan cara melepas melalui pengikat masker yang terletak di telinga.

Area depan masker merupakan area yang paling vital yang tentunya area yang pertama kali terkontaminasi, baik terkontaminasi melalui droplet kita sendiri ataupun dari lingkungan luar. Jadi, jangan pernah menyentuh bagian tersebut untuk menghindari kontaminasi silang.

Setelah itu, usahakan sebelum pelayan datang untuk memberikah tagihan atau membersihkan meja, anda harus segera memakai masker anda kembali.

Ingin Mengetahui Seputar Info Kesehatan Lainnya? Klik disini


Sediakan Tempat Khusus untuk Masker

Memiliki tempat khusus untuk masker adalah hal yang wajib dimiliki, terutama bagi kalian yang sering beraktifitas diluar.

Tempat khusus tersebut bisa menggunakan tas atau lainnya. Usahakan tempat tersebut harus bersih dan higenis, agar tidak terkontaminasi virus.

Sesaat akan melepas masker, jangan langsung letakkan masker kedalam saku, baju, atau diatas meja makan. Hal ini untuk menghindari kontaminasi virus yang berada di tempat-tempat tersebut.

Tempatkan masker ditempat yang anda bawa, usahakan tempat tersebut bersih, higenis, dan berpori.

Anda bisa menggunakan kertas atau tisu higenis untuk diletakkan didalam masker agar kelembaban masker menjadi berkurang.

Faktanya, cara ini adalah cara yang efektif untuk menghindari jamur dan kontaminasi virus pada masker.

Ingat pesan ibu " Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan demi kesehatan dan agar tidak terkontaminasi virus-virus tersebut. Keluarga menunggu dirumah dan keluarga selalu ingin bahagia bersama anda" 

Akhir kata:

Halo para pembaca, saat ini tim Duniamaya belum memiliki tim medis, sehingga belum dapat memberikan diagnosis terkait.

Kami disini hanya memberikan informasi yang kami tahu, dan sudah terjamin kebenarannya. Karena, sebelum menulis artikel ini kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan sumber sumber yang terpercaya.

Jaga kesehatan, sehat itu murah namun akan menjadi mahal apabila anda sudah sakit, sayangi diri dan keluarga anda sendiri. Kalo bukan kita siapa lagi?

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti terus blog ini agar mendapat info kesehatan lainnya. Terimakasih

Sumber artikel: kompas.com, Kementrian kesehatan RI, info Covid-19

Reactions

Post a comment

2 Comments

  1. Sangat membantu tipsnya, jadi maskernya tetap steril kalau bawa tempat khusus masker

    ReplyDelete
  2. Mantap tipsnya, sy kadang suka deg2an kalo mkm di resto pas pandemi gini. Sebisa mungkin sy akan cari resto yg agak lengang dan sepi biar tambah aman hhe

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain