Ad Code

7 Manfaat Jus Seledri, dan Waktu Terbaik Meminumnya

 

Jus seledri
Jus Seledri by: Pixabay.com

Duniamaya- Bagi sebagian besar orang, jus Seledri mungkin sedikit asing di telinga mereka. Namun tidak untuk bagi para pecinta jus sayuran. 

Jus seledri berasal dari tumbuhan seledri atau yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Apium graveolens. Seledri merupakan salah satu bahan makanan serbaguna yang kaya akan manfaat. Seledri sendiri biasanya digunakan oleh pedagang bakso untuk campuran bakso, atau bisa juga digunakan oleh para chef untuk hiasan hidangan.

Dilansir dari situs PinkVilla, selain kaya akan antioksidan, seledri juga mengandung banyak vitamin. Diantaranya vitamin A, C, dan K. Seledri juga disebut sebut mengandung Kalsium, Magnesium, Fosfor, hingga Kalium. Meminum jus Seledri dengan rutin dan tidak berlebihan justru akan sangat baik untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah 7 manfaat yang telah dirangkum oleh penulis hanya untuk kamu, iya kamu. Mau tau apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya dibawah ini

Ini 7 manfaat jus seledri yang wajib kamu ketahui

1. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur yang disebabkan oleh kebiasaan ataupun penyakit. Insomnia sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Untuk kamu yang sering atau bahkan sedang mengalami Insomnia, minum jus seledri merupakan minuman yang paling tepat agar dapat tidur nyenyak dimalam hari.

Adanya kandungan magnesium dan minyak esensial didalam seledri dapat membuatnya efektif dalam mencapai waktu tidur yang berkualitas baik dan tidur yang nyenyak.

2. Menurunkan tekanan darah

Minum jus Seledri juga dapat menurunkan tekanan darah loh, tapi tidak dianjurkan bagi seseorang yang menderita tekanan darah rendah.

Minum jus Seledri juga bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Adanya kandungan kalium didalam seledri lah yang membuat seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Seperti yang telah kalian semua ketahui, kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama timbulnya penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah, jus seledri juga mampu menurunkan kolesterol loh. Ini menandakan satu minuman memiliki beragam manfaat yang berkaitan satu sama lain.

Kandungan senyawa 3-N-Butylphthalide yang ada didalam seledri, dapat menurunkan dan menghilangkan lemak yang berada didalam darah. 

Jika kamu rutin mengonsumsi jus Seledri dan tidak berlebihan. Maka, kandungan kolesterol jahat atau HDL dan trigliserida dapat berkurang secara signifikan bahkan dapat hilang. Sehingga, tubuh mu akan terasa jauh lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jus seledri rendah gula dan sangat kaya akan serat. Sehingga, jus seledri sangat di rekomendasikan untuk yang ingin memiliki tubuh ideal namun sulit melakukan diet loh.

Usai minum jus seledri, anda akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah nafsu makan anda untuk mengonsumsi makanan lebih banyak lagi.

5. Sebagai antikanker

Kanker adalah salah satu penyakit pembunuh yang sangat ditakuti. Dengan minum jus seledri secara rutin dan tidak berlebihan, maka anda telah membuat tubuh anda anti kanker loh.

Hal ini berkaitan tentang antioksidan seledri yang sangat tinggi. Tidak hanya menjaga kemampuan kerja organ, antioksidan juga memiliki peran yang sangat besar terhadap pencegahan sel-sel tubuh dari kerusakan yang menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit kanker.

6. Kaya akan antioksidan

Pola hidup yang tergolong tidak sehat serta banyaknya polusi udara dapat membuat tubuhmu terserang radikal bebas dengan cepat loh. Untuk itu sebaiknya kamu minum jus seledri secara rutin.

Selain itu kandungan asam caffeic, asam p-coumaric, serta asam ferulic dapat menurunkan peradangan tubuh dan menurunkan stres oksidatif.

7. Meningkatkan sistem imun

Sistem imunitas tubuh yang rendah justru membuat anda rentan terserang banyak penyakit, baik itu penyakit biasa maupun yang berbahaya.

Untuk itu, dianjurkan bagi anda yang memiliki imunitas atau daya tahan tubuh yang rendah untuk mengonsumsi jus Seledri secara rutin. 

Tak hanya berperan sebagai pelindung, jus Seledri juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi, hal ini dikarenakan adanya senyawa antimikroba yang dikandung seledri tersebut.

Baca juga : 5 Jenis Obat Batuk, Fungsi, dan Efek Sampingnya

Waktu terbaik untuk minum jus seledri

Setelah membaca manfaat minum jus seledri diatas, kamu pasti sudah taukan manfaat dari jus seledri. Tetapi, kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk kita minum jus seledri?

Beberapa jus dianjurkan untuk diminum setelah makan, walaupun ada juga yang sebelum makan. Namun, berbeda untuk jus seledri ini. Waktu terbaik untuk minum jus seledri ini adalah waktu pagi hari sesaat setelah bangun tidur.

Waktu ini dipilih karena kamu belum melakukan aktivitas apapun dan kondisi perut masih dalam keadaan kosong dan belum terisi.

Namun, sangat perlu diperhatikan bahwa jus seledri bukan caloric juice seperti jus lainnya. Caloric juice adalah jus yang mengandung tinggi kalori.

Karena jus seledri bukanlah caloric juice maka sangat dianjurkan dan diharuskan untuk sarapan setelah 15 - 30 menit dari meminum jus tersebut.

Namun untuk kamu yang terlanjur sarapan, jangan takut kamu tidak bisa meminum jus Seledri dan tidak bisa mendapat manfaatnya. Untuk kamu yang sudah terlanjur sarapan, waktu terbaik minum jus seledri adalah 30-60 menit setelah makan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dan waktu terbaik dari mengonsumi jus Seledri yang dapat saya jelaskan. Ternyata, banyak sekali ya manfaat jus seledri bagi kesehatan. Yuk konsumsi jus Seledri secara rutin dan tidak berlebihan agar mendapat manfaatnya.

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.comInstagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti terus blog ini agar mendapat info kesehatan lainnya. Terimakasih.

Referensi: PinkVilla, Medical News Today, VeryWell Fit. Healthline.

Reactions

Post a comment

7 Comments

  1. Wah baru tau kalau Jus Seledri memiliki banyak manfaat terutama untuk menurunkan berat badan, saya jadi ingin coba

    ReplyDelete
  2. Seledri biasanya sy makan pas makan bakso, ternyata bisa di jus juga ya dan khasiatnya banyak sekali.. thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakak umumnya memang untuk bakso. Untuk jus walau rasanya sedikit pahit tetapi banyak khasiatnya loh kak

      Delete
  3. Padahal gak suka seledri, pantes sering down body :(

    Ternyata Saya kurang menkonsumsi sayuran yang satu ini..

    ReplyDelete
  4. Setelah lihat manfaatnya, nanti cobain jus seledri ahh

    ReplyDelete
  5. wah.. ini dia solusinya.. saya adalah orang yang insomia.. semiga dengan minum jus seledri akan membantu meredakan insomiakušŸ‘Œ

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain