Ad Code

Manfaat dan Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Simbol kanker payudara
Simbol kanker payudara by InstagramPinkReborn

 Duniamaya- Kanker payudara merupakan penyakit paling mematikan di Indonesia, Namun sebenernya penyakit ini dapat disembuhkan dengan deteksi dini. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara deteksi dini dan apa manfaatnya.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi dini kanker payudara. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan dengan tangan dan penglihatan untuk melihat ada atau tidaknya perubahan fisik pada payudara.

Baca juga: Penyebab Anak Terlambat Berjalan dan Cara Mengatasinya

Penting untuk menyadari perubahan bentuk payudara dari waktu ke waktu, mulai dari masa normal seperti perubahan bentuk saat menstruasi hingga perubahan bentuk karena adanya kanker payudara yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan ini bertujuan agar jika ada sesuatu yang mengarah ke kondisi yang lebih serius dapat ditangani dengan segera.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara deteksi dini kanker payudara? Berikut penjelasannya

Cara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan SADARI

Kanker payudara telah merenggut ribuan bahkan jutaan nyawa wanita hingga saat ini. Ya, kanker payudara dapat dikategorikan sebagai pembunuh yang luar biasa perkembangan nya.

Cara deteksi kanker payudara yang paling mudah adalah dengan lakukan SADARI ( Pemeriksaan payudara diri sendiri). Pengecekan dengan cara SADARI ini terbukti mampu melindungi diri dari kanker payudara, selain itu pengecekan ini juga bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Pengecekan dengan metode SADARI ini harus dilakukan pada hari ke 7-10 setelah menstruasi. Berikut langkah langkah yang dapat kamu terapkan untuk melakukan metode ini:

1. Berdiri

Cermati jika ada perubahan bentuk payudara baik itu kulit ataupun ukuran, periksa adakah pembengkakan atau perubahan pada puting. Jika kamu menemukan dan merasakan bahwa payudara kanan dan kiri tidak simetris, jangan khawatir! Karena itu adalah hal yang wajar.

Baca juga: Jantung Bocor, Tanpa Gejala Namun siap Merenggut Nyawa

2. Angkat kedua lengan keatas

Setelag mengangkat kedua lengan keatas, tekuk siku dan posisikan tangan dibelakang kepala. Dorong siku kedepan dan cermati payudara lalu dorong siku kebelakang dan cermati bentuk atau ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang

Condongkan bahu kedepan sehingga payudara terangkat dan dorong kedua siku kedepan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada kamu.

4. Angkat lengan kiri keatas

Saat lengan kiri diangkat keatas, tekuk siku sehingga tangan memegang atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan payudara hingga seluruh payudara bagian kiri hingga sampai ke ketiak. Lalu, lakukan gerakan atas bawah, lingkaran, dan lurus dari tepi payudara hingga ke puting begitupun sebaliknya. Lakukan pada payudara sebelah kanan juga.

5. Cubit kedua puting

Pada saat mencubit kedua puting, cermati dengan seksama. Jika kamu menemukan ada cairan yang keluar, harap segera konsultasikan pada dokter terdekat dan pada dokter spesialis.

6. Pada posisi tiduran

Kamu juga dapat melakukan metode SADARI ini dengan cara meletakkan bantal pada posisi dibawah pundak kanan. Setelah itu angkat lengan keatas. Cermati payudara tersebut dan lakukan 3 pola gerakan seperti sebelumnya. Lakukan beberapa menit sembari dtekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ketiak.

Manfaat Deteksi Dini Kanker Payudara

"Deteksi dini memiliki beragam manfaat, selain itu deteksi dini juga sangat penting bagi pengobatan dan penyembuhan pasien penderita kanker " kata dokter spesialis bedah onkologi Sonar Soni Panigoro dalam Konferensi Pers CISC.

Berikut beberapa manfaat dari deteksi dini kanker payudara:

1. Angka harapan hidup tinggi

Kanker payudara yang ditemukan pada kondisi stadium dini memiliki tingkat angka harapan hidup yang tinggi hingga 99 persen untuk kanker yang terlokalisasi dan belum menyebar, dan 85 persen untuk kanker yanh telah menyebar.

Sedangkan, kanker payudara yang ditemukan pada stadium lanjut metastatik hanya sebanyak 27% saja.

2. Terapi kuratif

Tujuan pengobatan yang dilakukan adalah kuratif untuk penyembuhan penyakit. Sedangkan pada stadium lanjut, terapi sudah bukan untuk penyembuhan tetapi paliatif.

" Pada stadium lanjut atau metastatik agak sulit untuk melakukan penyembuhan. Tetapi untuk paliatif atau untuk melakukan peningkatan kualitas hidup pasien " ungkap Sonar.

Ingin mengetahui tentang Covid-19 di Indonesia? Klik disini

3. Peluang sembuh yang tinggi

Diagnosis dan terapi yang tepat setelah melakukan deteksi dini dapat mengurangi penyakit berkembang menjadi metastatik atau menyebar ke area inti lain seperti otak dan tulang.

Kanker yang telah menyebar ke organ lain justru akan menjadi sulit untuk disembuhkan.

4. Dapat mengetahui jenis kanker payudara

Deteksi dini yang dibarengi dengan pemeriksaan lanjutan dapat mendeteksi kanker payudara yang diderita. Contohnya Luminal A, Luminal B , Her 2, dan Triple negatif.

Setiap jenis kanker memiliki resiko, tingkat penyebaran, dan cara penyembuhan yang berbeda-beda . Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kanker payudara sejak dini untuk mendapat penangan yang tepat.

5. Biaya pengobatan lebih murah

Biaya pengobatan untuk kanker stadium dini tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan kanker stadium lanjut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendeteksi dini ada atau tidaknya kanker payudara untuk menghalau hal-hal yang tidak diinginkan.

Bisakah Kanker Payudara di Sembuhkan?

Belum ada cara pasti untuk mencegah kanker payudara. Hanya saja, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menangkal kanker payudara ini.

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Pertahankan berat badan 
  2. Aktif secara fisik contohnya olahraga
  3. Hindari alkohol
  4. Sering checkup
  5. Lakukan beberapa hal yang telah kamu dapat informasi nya

Itu adalah sedikit pembahasan tentang kanker payudara yang dapat saya sharing di blog ini. Jangan lupa tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh agar selalu sehat dengan berolahraga atau konsumsi makanan yang bergizi.

Akhir kata:

Halo para pembaca, saat ini tim Duniamaya belum memiliki tim medis, sehingga belum dapat memberikan diagnosis terkait.

Kami disini hanya memberikan informasi yang kami tahu, dan sudah terjamin kebenarannya. Karena, sebelum menulis artikel ini kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan sumber sumber yang terpercaya.

Jaga kesehatan, sehat itu murah namun akan menjadi mahal apabila anda sudah sakit, sayangi diri dan keluarga anda sendiri. Kalo bukan kita siapa lagi?

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, semoga artikel ini bermanfaat. Ikuti terus blog ini agar mendapat info kesehatan lainnya. Terimakasih.

Referensi: AloDokter, Cancer.org, Kementerian Kesehatan RI


Reactions

Post a comment

2 Comments

  1. mantap kak, ternyata seperti ini ya cara mendeteksi kanker payudara.. terimakasih informasinya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakak seperti ini cara yang dapat diterapkan

      Delete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain