Ad Code

Ingin Tubuh Ideal tapi Tidak Tahan dengan Diet? Ini Solusinya

 

Images by:okezone.lifestyle

Duniamaya, Lampung. Banyak sekali orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal, baik itu laki-laki maupun wanita. Namun, untuk memiliki tubuh yang ideal bukanlah hal yang mudah.

Selain olahraga, kebanyakan orang juga akan melakukan kegiatan diet. Baik itu diet ekstrim maupun diet biasa. Namun, diet merupakan hal yang mudah diucapkan namun sulit dilakukan.

Untuk kalian yang tidak bisa diet, mungkin beberapa hal berikut dapat menjadi solusi untuk anda.

Baca juga: Kentang Ternyata Bisa Membuat Cantik dan Ideal, kok bisa?

Apa sajakah hal tersebut? Berikut penjelasannya.

Konsumi 5 Makanan Berikut Ini

Dilansir dari laman resmi honestdocs.id ada beberapa macam makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan, diantaranya sebagai berikut:

1. Apel

Cantik dengan apel (istimewa)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa apel dapat menurunkan berat badan. Selain kaya dengan antioksidan, apel juga memiliki serat yang sangat bagus untuk dikonsumsi.

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, konsumsi apel dipagi hari sebagai pengganti sarapan.

2. Wortel

Photo wortel by: depositphotos

Wortel adalah sayuran yang baik untuk kesehatan. Selain baik untuk kesehatan, wortel juga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Wortel memiliki serat yang sangat tinggi, sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

3. Cabai

Photo by: putu elmira @pixabay.com

Cabai adalah makanan yang sangat pedas, tetapi sebagian besar warga Indonesia menyukai makanan ini. Bahkan saat makan, jika tidak ada sambal maka terasa kurang lengkap.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat bedan dan penyuka pedas, cabai merupakan pilihan yang sangat baik. Kenapa? Karena cabai mengandung Capsaicin yang dapat membakar lemak didalam tubuh.

4. Telur

Photo by: Wikipedia

Telur atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan egg memiliki kandungan protein didalamnya yang banyak sehingga dapat menahan rasa lapar.

Sebagai pengganti nasi, konsumsi telur minimal satu kali sehari.

5. Greek Yogurt

Greek yogurt by: depositphoto

Greek yogurt banyak dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani diet. Kamu bisa mengonsumsi yoghurt ini setelah makan untuk mengurangi porsi makan selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, lima makanan tersebut menjadi rekomendasi untuk anda.

Lakukan Trik Ini

Selain dengan mengonsumi 5 hal yang telah disebutkan di atas tadi, kamu juga bisa melakukan trik ala jepang ini untuk bisa memiliki tubuh ideal.

Bagaimana triknya? Begini penjelasannya!

Trik ini sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan pengaturan pola makan. Hal yang harus anda lakukan hanyalah memposisikan tubuh dengan benar, tarik nafas 3 detik dan hembuskan selama 7 detik. Kabar baiknya lagi, anda hanya perlu melakukannya selama dua menit dalam sehari. Tentu hal ini sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Baca juga : Fakta Gorengan Ternyata tidak Membahayakan Tubuh

Sebenarnya, kunci paling utama dalam teknik penurunan berat badan ini adalah pernapasan.

Saat menarik nafas, oksigen yang kita hirup akan melekat pada sel-sel lemak dan memecahnya menjadi dua bagian , yaitu menjadi oksigen (O2) dan air (H2O). Setelah itu akan dibuang menjadi karbondioksida (CO2).

Tahukah kalian? Semakin banyak oksigen yang kita hirup, maka semakin banyak lemak yang akan kita buang melalui hembusan nafas.

Para ahli menjelaskan bahwa, trik ini tak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga membantu memperkuat otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Pada tahun 2014 telah dilakukan riset dan diterbitkan dalam British medical journal. Mereka membuktikan, proses ini dapat membakar kurang dari 0.5 kilogram lemak setiap harinya.

" Latihan ini membantu saya menurunkan berat badan hingga 13 kilogram " kata salah seorang aktor Jepang bernama Miki Ryosuke.

Tak hanya itu, lingkar pinggang nya pun susut hingga 12 centimeter hanya dalam beberapa minggu melakukan hal ini.

Meski tidak menurunkan berat badan secara signifikan, dan tidak se efektif berolahraga dan diet. Setidaknya cara ini dapat membantu mengurangi sedikit demi sedikit lemak dalam tubuh kita.

Hindari Mengonsumsi Makanan Ini

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, hindari beberapa kebiasaan ini.

Apa saja yang perlu kita hindari? Berikut penjelasannya!

1. Daging Olahan

Dalam sebuah studi pada tahun 2011 di Harvard School of Public Health, para ahli menjelaskan bahwa mengonsumi daging olahan ternyata dapat menyebabkan penambahan berat badan, hal itu mereka temukan karena menurut mereka makanan olahan mungkin tidak memuaskan rasa lapar seperti halnya makanan berserat tinggi.

2. Sereal Manis

Sereal manis yang telah melewati beberapa proses pengolahan faktanya dapat menumpuk kalori secara signifikan. Selain itu, sereal juga tidak baik untuk kesehatan. Sebagai pengganti sereal, anda dapat mengonsumsi oatmeal karena akan membuat kenyang lebih lama dan mengonsumi hanya sedikit kalori saja.

Bantu saya membangun blog ini dengan cara berdonasi mulai Rp.5000 melalui ewallet atau transfer bank anda, klik disini

3. Roti Putih

Biji-bijian olahan juga termasuk roti putih, jadi salah satu pantangan untuk menurunkan berat badan. Jika ingin mengonsumi biji-bijian, disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh yang dapat menghilangkan lemak visceral, contohnya lemak perut, tanpa beresiko menambah berat badan.

4. Minuman dengan Pemanis Buatan

Minuman apapun itu baik itu diet soda dan sejenisnya , sebaiknya segera anda tinggali. Hal ini karena minuman dengan pemanis buatan mengandung kalori yang tinggi, sehingga akan mengancam proses penurunan berat badan anda.

5. Yogurt Manis

Yogurt merupakan makanan yang sehat dan berguna untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak semua yogurt sama. Bahkan beberapa yogurt ditambahkan dengan pemanis buatan sehingga dapat menambah berat badan. Pilih greek yogurt , yogurt yunani, atau yogurt murni tanpa tambahan gula.

6. Alkohol

Tidak semua alkohol mengandung kalori yang tinggi, tetapi semua jenis alkohol tidak ada yg baik untuk menurunkan berat badan, Terutama bir. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumi alkohol dengan porsi banyak justru dapat membangun hasrat kita untuk mengonsumi makanan lain lebih banyak. Hal itu dapat mengubah persepsi kita untuk makan. Beberapa makanan akan terlihat lezat saat Anda berada dibawah pengaruh alkohol.

7. Makanan yang di Panggang

Makanan yang dipanggang sendiri merupakan makanan yang lezat. Namun, makanan yang dipanggang seperti cake dan kue kering justru memiliki tambahan pemanis buatan sehingga dapat mengganggu proses penurunan berat badan. Kedua makanan tersebut dapat meningkatkan obesitas dan dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular dan lainnya.

New : Info Seputar COVID-19

Selain 7 makanan tersebut, ada beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari jika ingin menurunkan berat badan atau sekedar menjaga berat badan anda menjadi lebih ideal, diantaranya yaitu burger, kentang goreng, kerupuk, keripik, juz, dan pizza.

Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan nih temen-temen, dan ini rahasia loh. Apa itu? Berikut penjelasannya!

1. Tidur yang cukup

 Tidur yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan, tidur yang sedikit pun tidak baik untuk kesehatan.

Faktanya tidur yang terlalu sedikit justru dapat menambah nafsu makan kita sehingga tubuh akan bertambah berat. Namun, tidur yang terlalu banyak juga sangat tidak baik untuk anda.

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh PLOS One Journal. Tidur selama lebih dari 10 jam perhari dapat meningkatkan indeks masa tubuh dengan cepat. Sebaiknya tidur hanya berkisar 7-8 jam perhari.

2. Jangan lupa berjemur dipagi hari

Menurut studi yang dilakukan PLOS One Journal. Mereka menjelaskan bahwa cahaya biru dari sinar matahari akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membangun kan tubuh.

Selain itu, cahaya matahari pagi pun dapat menurunkan intensitas indeks massa tubuh walau tidak terlalu signifikan.

3. Rapikan tempat tidur anda.

Menurut US National Sleep Foundation. Orang yang selalu merapikan tempat tidur akan selalu tidur nyenyak setiap harinya. Faktanya, tidur yang sehat dan nyenyak merupakan cara yang paling optimal untuk menurunkan berat badan dan membuat berat badan anda menjadi ideal.

4. Menimbang berat badan

Para peneliti dari Cornell University, menjelaskan bahwa jika anda rajin menimbang berat badan maka anda sudah menjalankan teknik sukses menurunkan berat badan.

Waktu paling baik untuk menimbang berat badan adalah dipagi hari saat anda belum mengonsumi apapun. Karena air dari semalam akan membantu anda mendapatkan berat badan yang akurat.

5. Jangan makan sedikit saat sarapan

Para peneliti dari Tell Aviv University. Mengungkapkan bahwa anda harus memanjakan diri dengan mengonsumi sarapan lezat dipagi hari.

Rekomendasi : Peran Sarapan Bagi Kesehatan

Faktanya, makanan yang sehat mengandung 600 kalori dari protein, karbohidrat, dan beberapa makanan dari makanan penutup. Sehingga dapat membantu anda menurunkan berat badan. 


Meski beberapa hal tersebut tidak terlalu signifikan dalam menurunkan berat badan, setidaknya dapat membantu anda mendapatkan tubuh ideal yang anda idam-idamkan.

Akhir Kata:

Hallo para pembaca, tim Duniamaya sampai saat ini belum memiliki tim medis, sehingga belum dapat memberikan diagnosis terhadap penyakit.

Kami disini hanya memberikan informasi yang kami tahu, dan sudah terjamin kebenarannya. Karena, sebelum menulis artikel ini kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan sumber sumber yang terpercaya.

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, tetap beraktifitas, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih


Sumber: healthline , healthcare, liputan6.com, detik.com, dan tempo.co


Reactions

Post a comment

1 Comments

  1. Sipp...

    Kayaknya Cuman Alkohol yang paling ngerti 😀

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain