Ad Code

Benarkah Minum Air Hangat Baik Untuk Kesehatan?

 

Diniamaya.my.id
Duniamaya- Anda pasti selalu diingatkan tentang betapa pentingnya mengonsumi air dalam jumlah yang cukup sampai sekitar delapan gelas air per hari.

Secara naluriah, saat kita sedang lelah lalu mengonsumi air hangat maka secara langsung lelah tersebut akan hilang. Tidak menutup kemungkinan lagi karena hal inilah banyak yang beranggapan bahwa air hangat sangat baik untuk kesehatan.

Kepercayaan terhadap manfaat mengonsumi air hangat ini bahkan sejak ada sejak zaman dulu. Pengobatan Tiongkok dan India Kuno pun sampai saat ini masih mempercayai tentang manfaat ini. Mereka meyakini bahwa mulai dari segelas air hangat di pagi hari maka akan dapat memperlancar sistem pencernaan dan akan memberi manfaat lainnya.

Baca juga: Tetralogy of Fallot, penyakit langka yang sangat berbahaya

Sebuah penelitian pernah yang pernah dilakukan oleh beberapa peneliti, mereka menyebutkan bahwa air hangat dapat menghilangkan hidung tersumbat dan dapat membuat kita tenang. Bahkan mereka menyarankan untuk meminum air hangat setelah makan atau tiga sampai empat kali seminggu secara rutin. Bahkan banyak juga orang yang menggunakan air hangat sebagai sarana pengobatan holistik.

Beberapa kepercayaan juga menyebutkan bahwa air hangat dapat membersihkan kandung kemih, mengobati demam, memeprlancar sirkulasi darah, mengobati kembung, dan sebagainya.

Lalu, sebenarnya adakah bukti ilmiah terkait kepercayaan-kepercayaan tersebut? Sebelum melanjutkan ke pembahasan alangkah lebih baiknya anda membantu saya untuk mengklik iklan di artikel berikut. Informasi singkat untuk anda yaitu minum air dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk tubuh dan peningkatan metabolisme tubuh.

Sebelum artikel ini dibuat ada seseorang bertanya kepada saya seperti ini " Apakah air hangat lebih baik dari pada air dingin? Lalu apa yang membuktikan nya? " Melalui artikel ini akan saya jawab pertanyaan tersebut.

Jika kita berselancar ke internet, akan dengan mudah kita mencari manfaat air hangat hanya dengan mengetik keyword air hangat di kotak penelusuran. Bahkan ada jurnal yang menyatakan air hangat tersebut bermanfaat dan setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata jurnal tersebut adalah jurnal predatory atau jurnal abal-abal. Oleh karena itu, penjelasan mengenai manfaat air hangat yang tertulis dalam artikel ini dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Penelitian Mengenai Manfaat Air Hangat.

Hingga saat ini, saat artikel ini dibuat hanya sedikit penelitian yang dapat menemukan manfaat air hangat tersebut, beberapa diantaranya yang telah saya rangkum adalah sebagai berikut:

- Sebuah riset pernah dilakukan pada tahun 2010 lalu, mereka melakukan penelitian menggunakan proses diet hipokalorik. Diet hipokalorik adalah suatu proses diet yang dilakukan dengan mengonsumi makanan berenergi yang lebih sedikit dibandingkan kebutuhan tubuh. Para peneliti menemukan bahwa diet hipokalorik alan lebih berhasil menurunkan berat badan bagi usia tua jika dibarengi dengan minum air hangat sebanyak dua gelas sebelum makan jika dibandingkan dengan diet hipokalorik biasa.

- Sementara itu, pada tahun 2003 dilaporkan bahwa mengganti kebiasaan minum air dingin ke air hangat akan lebih cepat mempengaruhi proses pembentukan metabolisme tubuh yang akan berdampak lebih besar ke dalam proses penurunan berat badan. Jadi kesimpulannya adalah minum air hangat sebelum makan , akan lebih berpotensi mengurangi berat badan dibandingkan dengan minum air dingin.

- Sebuah penelitian selanjutnya dan merupakan yang menarik, dilakukan oleh School of Human Kinetics University of Ottawa yang menyebutkan bahwa minum air panas disaat cuaca sedang panas justru dapat menjaga suhu tubuh anda dan akan tetap terasa dingin. Mereka mengemukakan hal tersebut dikarenakan jika minum air hangat, maka kelenjar keringat yang di produksi akan lebih banyak dan cepat, sehingga hal itulah yang dapat mendinginkan tubuh dengan syarat keringat yang dihasilkan dapat dengan cepat menguap.

- Sebuah penelitian juga pernah dilakukan pada penderita akalasia, para peneliti menyebutkan bahwa penderita akalasia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat dan makanan hangat secara rutin, tetapi untuk makanan dan air yang dingin harap segera ditinggalkan.

Akalasia sendiri adalah suatu penyakit yang menyerang kerongkongan sehingga dapat menyebabkan hilangnya keahlian kerongkongan untuk mendorong makanan atau minuman dari mulut kelambung.

New: Jangan minum, begini cara mengobati tersedak dengan benar

- Penelitian menarik lainnya pernah dilakukan pula pada tahun 1997 silam, mereka melakukan penelitian menggunakan objek diri mereka sendiri. Mereka menyebutkan bahwa minum kopi atau teh hangat dapat membantu menaikkan mood atau menurunkan efek stress manusia, dengan teh hangat yang akan menenangkan fikiran dan mungkin akan terasa lebih baik dihari yang berat.

Suhu Air Hangat yang Baik Dikonsumsi

Belum ada yang menyebutkan tentang suhu air hangat yang baik untuk kesehatan. Sampai saat artikel ini dibuat, belum ada juga kajian yang dapat menguatkan pendapat tersebut.

Akan tetapi, ada penelitian yang dilakukan dan mengatakan sebaiknya konsumsi air hangat adalah dengan suhu rata-rata adalah 57,8°C. Pada suhu ini efek "terbakar" didalam kerongkongan akan menjadi sangat minim, tetapi cita rasa yang dirasakan akan lebih sangat memuaskan.

Beberapa situs pula menyebutkan bahwa manfaat air hangat adalah membantu detoksifikasi tubuh, menenangkan syaraf, memperlancar sirkulasi darah, dan masih banyak lainnya. Namun, saya belum dapat menemukan sumber ilmiah yang kuat terkait informasi ini , sehingga tidak saya sertakan dalam artikel ini karena takut terjadi kesalahpahaman dan ketidak nyamanan.

Terakhir, jika kalian bertanya apakah saya mengonsumi air hangat? Jawabannya adalah iya, karena dengan mengonsumi air hangat baik itu murni ataupun dengan teh atau kopi dapat membuat tubuh menjadi rileks dan senang. Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang percaya tentang kesehatan akan selalu dimiliki jika kita merasa senang dan rileks.

Ingin mengetahui tentang penangan COVID-19 di Indonesia? Klik disini

Akhir kata : 

Halo para pembaca, saat ini tim Duniamaya belum memiliki tim medis, sehingga belum dapat memberikan diagnosis terkait.

Kami disini hanya memberikan informasi yang kami tahu, dan sudah terjamin kebenarannya. Karena, sebelum menulis artikel ini kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan sumber sumber yang terpercaya.

Jaga kesehatan, sehat itu murah namun akan menjadi mahal apabila anda sudah sakit, sayangi diri dan keluarga anda sendiri. Kalo bukan kita siapa lagi?

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, tetap beraktifitas, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.


Sumbe artikel : Alodokter.com, Kontan.co.id, Riset-riset yang telah dilakukan.


Reactions

Post a comment

1 Comments

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain