Ad Code

Peran Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Images by : Jybmedia.com

Lampung- Sarapan merupakan hal yang lumrah dan biasa dilakukan oleh semua orang. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang malas untuk sarapan, termasuk saya sendiri pun begitu. 

Sebagian orang meninggalkan sarapan mungkin karena terburu-buru, terlambat, tidak merasa lapar, hingga malas. Padahal menurut penelitian sarapan memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, dan jika sering meninggalkan sarapan justru akan berdampak buruk bagi tubuh.

Kali ini tim Diniamaya.my.id akan menjelaskan mengapa sarapan pagi itu sangat penting mulai dari manfaat sarapan pagi dan apa yang akan didapat jika meninggalkan sarapan pagi.

Baca juga : Benarkah Tidak Mandi Seharian Berdampak Buruk bagi Kesehatan

 

Kenapasih sarapan pagi itu penting?

Kemungkinan sebagian besar dari para pembaca sudah tau bahwa sarapan pagi itu sangat penting, namun tidak menutup kemungkinan juga banyak yang belum mengerti apa pentingnya sarapan pagi.

Sebagian banyak orang mungkin termasuk anda juga sering mendengar pernyataan bahwa "jangan meninggalkan sarapan pagi" mungkin anda pun bosan mendengar kan itu berulang-ulang. Sepenting itukah sarapan pagi hingga banyak orang yang melarang untuk meninggalkan nya? Berikut akan saya jelaskan betapa pentingnya sarapan pagi

Sarapan pagi memang sangat penting untuk dilakukan, mengapa? Sarapan pagi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan breakfast memiliki arti penting yang wajib anda pahami. Breakfast terdiri dari dua kata yaitu break dan fast.

Kata break berarti istirahat, sedangkan fast berarti puasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti dari breakfast adalah buka puasa. Mungkin kalian bingung kenapa saya menyebutnya buka puasa? Puasa disini memiliki artian anda tertidur sehingga tidak ada aktifitas mengonsumi apapun.

Pada saat tidur malam anda tidak mengonsumsi apapun, entah itu makanan atau minuman seperti halnya berpuasa bukan? Hal inilah yang membuat tubuh anda harus diisi energi kembali dengan makanan yang bergizi.

Bisa anda bayangkan sendiri jika anda meletakkan sarapan pagi berarti sudah berapa lama anda 'berpuasa'? Hal inipun akan lebih parah jika anda meletakkan makan malam pada hari sebelumnya. Kini, anda sudah paham mengapa sarapan begitu penting bagi tubuh?

Baca juga: -Ajaib, ternyata Daun Jeruk Bisa Mengobati Asma, Diare, hingga Kanker

 

Manfaat sarapan pagi bagi tubuh

Kini kita sudah masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu apa saja manfaat sarapan bagi tubuh. 

Jika anda sudah dapat memahami apa yang saya jelaskan diatas tadi, seharusnya anda tidak akan berniat untuk meninggalkan sarapan pagi lagi. Akan tetapi, jika penjelasan tersebut kurang memotivasi anda untuk tetap melaksanakan sarapan pagi, mungkin beberapa penjelasan tentang manfaat sarapan berikut dapat membuat anda memahami betapa pentingnya sarapan pagi tersebut.

Bagi anda yang masih meninggalkan sarapan pagi dan yang ingin mengetahui manfaat sarapan pagi, berikut penjelasannya:

  • Mengisi kembali energi tubuh. Ketika anda tertidur lelap karena beraktifitas seharian, tubuh akan terasa lemas dan hal pagi harinya pun akan terasa lapar. Jadi, jika diibaratkan tubuh anda adalah telepon seluler yang semakin lama semakin habis baterai maka sarapan pagi adalah charging atau pengisian ulang untyk mengisi energi yang terkuras.
  • Mendukung aktivitas di pagi hari. Setelah anda mendapat energi karena sarapan, kinerja otak juga akan lebih berkualitas sehingga mendukung aktivitas anda baik itu di pekerjaan atau di kegiatan apapun. Dalam artian, orang yang telah melakukan sarapan akan lebih siap untuk berfikir, berkonsentrasi, mengingat, dan lainnya. Manfaat sarapan pagi yang satu ini sangat penting untuk dimiliki oleh pelajar dan orang-orang yang bekerja.
  • Membantu proses penurunan berat badan. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa sarapan akan menambah berat badan, padahal anggapan tersebut salah. Dilansir dari laman media healtline, sarapan justru dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena sarapan pagi yang bergizi bisa mengontrol nafsu makan anda dan meningkatkan metabolisme sehingga berat badan menjadi turun.
  • Mengatasi anemia. Sarapan dengan menu yang sehat dan bergizi serta mengandung vitamin, dapat membantu tubuh memproduksi zat besi. Inilah yang menyebabkan kenapa orang yang menderita anemia diwajibkan mengonsumi buah-buahan ketika awal masuk mulai sarapan.
  • Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Hal ini karena sarapan pagi dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolestrol jahat) dan dapat menguatkan sel-sel otot jantung. Sehingga anda dapat terhindar dari serangan jantung dan stroke.
  • Menurunkan kadar gula darah. Bagi para penderita diabetes, sarapan pagi yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat terjadi jika sarapan yang anda konsumsi mengandung antioksidan tinggi. Sehingga anda tidak mudah terkena penyakit, dan anda dapat terhindar dari penyakit kronis seperti mag.
  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hal ini akan terjadi apabila makanan yang anda konsumsi mengandung serat yang banyak. Sehingga anda tidak mudah terkena sembelit, atau penyakit pencernaan lainnya.
  • Meningkatkan kesehatan tulang. Jika makanan yang anda konsumsi mengandung banyak kalsium seperti susu atau turunnya, maka tulang anda akan sehat.
  • Menjaga kesehatan mata. Mata anda akan lebih sehat jika sarapan yang anda konsumsi mengandung banyak vitamin a, sehingga anda tidak mudah terserang penyakit yang menyerang mata.
  • Menjaga kulit agar selalu sehat. Sarapan pagi dapat membuat kulit sehat dan terawat, maka dari itu milikilah menu sarapan pagi dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi karena baik untuk kesehatan kulit anda.
  • Meningkatkan kesehatan rambut. Menu sarapan pagi yang banyak mengandung protein seperti putih telur dapat meningkatkan kesehatan rambut.
Rekomendasi: Bahaya mengonsumi Mie Instan Bagi tubuh

 

Dampak negatif meninggalkan sarapan

Tidak dipungkiri lagi setelah membaca beberapa manfaat dari sarapan maka jika yang meninggalkan sarapan akan terkena beberapa dampak negatif, diantaranya yaitu:

  • Badan lemas. Orang yang tidak sarapan pagi akan terlihat lebih lemas, tidak fokus, dan kurang bersemangat dalam menjalani sekolah ataupun kerja.
  • Badan melar. Orang yang jarang sarapan ditemukan lebih sulit menurunkan berat badan. Jadi jika anda ingin diet jangan lupa sarapan, ya!
  • Kolestrol tinggi. Malas sarapan justru akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Kencing manis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di harvard, Amerika, mereka menemukan bahwa orang yang malas sarapan pagi lebih rentan terkena kencing manis, dan lebih mudah meningkat gula darahnya.
  • Penyakit jantung. Beberapa penelitian yang telah dilakukan di Harvard University School of Medicine ( fakuktas kedokteran universitas harvard). Mereka menemukan bahwa, orang yang tidak rutin sarapan beresiko terkena penyakit jantung sampai 80%.
  • Stroke. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa orang yang tidak rutin sarapan pagi sangat mudah terkena stroke.
  • Kanker. Menurut penelitian yang di lakukan oleh sejumlah peneliti di Cancer Research United Kingdom, mereka yang tidak rutin sarapan sangat mudah terkena kanker dibandingkan dengan yang rutin sarapan.
  • Gangguan hormon. Hormon dapat terganggu apabila jarang sarapan, hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan melalui jurnal appetite. Mereka menjelaskan bahwa gangguan hormon sangat rentan terjadi pada perempuan, hormon yang terganggu akibat tidak sarapan biasanya adalah siklus mentruasi yang tidak teratur, gejala PMS yang hebat, hingga nyeri saat menstruasi.
  • Pusing, tubuh gemetar, sakit kepala, hingga jantung berdebar.
Jadi sebenarnya anda sangat rugi jika melewatkan sarapan pagi. Kalau tak mau berurusan dengan masalah kesehatan lebih baik jangan tinggalkan sarapan pagi ya!

Makanan yang direkomendasikan untuk sarapan

Ada banyak sekali makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sarapan pagi. Tetapi karena terlalu banyak berikut sudah saya rangkum beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, diantaranya yaitu:

  • Bubur ayam
  • Buah-buahan
  • Sandwich telur
  • Bubur gandum
  • Sup jagung
  • Kentang
  • Abon sapi
  • Salad
  • Makaroni
  • Omelet
  • Roti
  • Susu
Berikut adalah rekomendasi dari saya untuk makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan.

Terimakasih atas minat para pembaca untuk membaca artikel ini, tetap sarapan dan jaga kesehatan yaa!  Ingat sehat itu penting dan murah namun akan menjadi mahal saat kamu sudah sakit.

Sayangi diri anda dan keluarga anda.

Untuk berkomunikasi dengan penulis harap ikuti blog ini dan isi form email di bawah. Terimakasih.

Sumber: 

-DokterSehat.com 

Sisca Soewitomo. 2013. 30 Menu Untuk 1 Bulan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

-Lilly T. Erwin. 2010. Sajian Sarapan Pagi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Reactions

Post a comment

1 Comments

  1. Sarapan sering terlupakan 😊 artikel sangat bermanfaat 😄 mampir di rumahfiksi.com yaaa

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain