Ad Code

Manfaat Kentang bagi Tubuh. Salah Satunya bikin Tubuh Ideal dan Cantik lohh

 

Images by: www.google.com/images

Duniamaya~ Kentang merupakan sebuah ubi yang terletak didalam tanah, dan merupakan sebuah makanan pokok bagi sebagian penduduk bumi. Terutama di negara Eropa dan Amerika.

Kentang memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum L. Berasal dari keluarga solanaceae dengan kerajaan plantae.

Kentang sendiri memiliki umbi batang dan dapat dikonsumsi yang disebut dengan nama 'kentang' pula.

Kentang tidak hanya lezat, namun anda bisa juga mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh anda. Apa saja manfaat kentang tersebut? Berikut penjelasannya

Berbagai Manfaat Kentang yang Bisa Anda Dapatkan


1. Mengandung Antioksidan Tinggi.

Kentang mengandung senyawa yang disebut dengan flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa tersebut memiliki peran menjadi antioksidan didalam tubuh yang mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel-sel tubuh.

Bahkan radikal bebas dalam tubuh merupakan salah satu faktor utama munculnya penyakit mematikan. Seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker. Sempat dilakukan penelitian oleh beberapa ahli dalam sebuah penelitian yang berjudul nutrition and cancer. Mereka menjelaskan bahwa kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2011.

Maka daripada itu, untuk menekan dan mencegah pertumbuhan penyakit tersebut. Sebaiknya anda rutin mengonsumsi kentang.

Baca juga: Fakta Gorengan yang Ternyata tidak Selamanya Membahayakan Kesehatan

2. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Kentang mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk neuron dan saraf. Vitamin B6 sendiri dapat menciptakan bahan kimia didalam otak, diantaranya adalah serotonin, dopamine, dan norepinefrin. Hal ini dikemukakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti didalam University of Maryland Medical Center.

Dapat disimpulkan pula, berarti makan kentang dapat mengatasi depresi atau stress. Kentang sendiri mengandung Kalium (K), kalium dalam kentang berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat dipastikan aliran darah yang menuju ke otak akan terpenuhi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung sendiri merupakan satu organ yang berperan penting dalam tubuh. Jantung sendiri rentan terkena serangan penyakit. Salah satunya dapat di cek dengan klik disini.

Kentang ternyata mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan fungsi jantung menjadi lebih sehat. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, vitamin C dan vitamin B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan tubuh lainnya.

Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh yang disebut proses metilasi.

Proses metilasi salah satunya memiliki fungsi homosistein, molekul berbahaya menjadi metionin yang merupakan struktur baru dalam protein.

Faktanya terlalu banyak proses homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah dan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke jika kadarnya semakin tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saat masuk ke usus besar pati resisten menjadi makanan yang baik untuk bakteri baik yang berada didalam usus besar. Bakteri ini mengubah pati resisten menjadi asam lemak rantai pendek butirat.

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa butirat dapat mengurangi peradangan didalam usus besar, memperkuat usus besar, mencegah terjadinya kanker usus, dan mengurangi radang usus.

Selain 4 hal diatas ternyata kentang juga baik untuk kesehatan fisik agar lebih enak dipandang , tentunya sangat baik bagi para remaja loh. Mau tahu apa saja? Berikut penjelasannya

Rekomendasi untuk anda: Tidak Boleh Mandi Saat Demam? Benarkah Demikian?

Manfaat Kentang Bagi Tubuh


1. Mengatasi Mata Panda

Mata panda sendiri merupakan keadaan dimana mata dilingkari dengan warna hitam. Mata panda juga sangat mengganggu untuk dipandang.

Cara mengatasi mata panda salah satunya adalah dengan masker kentang, caranya adalah kamu harus mengupas kentang, mencuci hingga bersih dan higenis , lalu iris tipis dengan ukuran yang besar.

Kemudian bungkus kentang dengan kain lalu letakkan keatas mata selama ±20 menit, setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

2. Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Kulit yang terbakar matahari memang akan sangat mengganggu, selain kulit akan memunculkan ruam merah kulit juga akan menjadi hitam.

Tahukah kalian bahwa masker kentang bisa menenangkan dan meredakan kulit yang terbakar matahari? Begini caranya:

Tumbuk kentang hingga halus, lalu oleskan pada kulit. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Sel kulit mati adalah keadaan dimana sesuatu hal yang tidak disukai terutama oleh wanita.

Sel kulit mati yang bertumpuk diwajah dapat menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat, pori-pori membesar, pori-pori tersumbat, serta kusam.

Banyak cara untuk mengangkat sel kulit mati hingga wajah menjadi cerah. Salah satunya adalah dengan kentang, ya kentang. 

Caranya adalah kupas dan parut kentang secukupnya hingga halus, lalu oleskan diwajah sekitar ±10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Membuat Tubuh Menjadi Ideal

Tubuh ideal merupakan dambaan setiap kaum, baik itu wanita maupun pria. Tetapi, untuk mencapai tubuh ideal sangatlah sulit. Selain dengan cara menjaga pola makan, pola tidur, kita juga harus senantiasa berolahraga. 

Namun, tahukah kalian kentang juga bisa membuat tubuh menjadi ideal? Jika belum, perhatikan dan amati penjelasan ini

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Kentang dapat menbantu proses diet sehat. Namun, perlu anda ketahui juga jangan mengonsumi dan mengolahnya dengan mentega, micin, garam atau bahkan minyak goreng. Hal itu justru dapat meningkatkan berat badan anda menjadi signifikan.

Kentang banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat-zat baik lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Kentang juga baik untuk pertahanan tubuh terhadapat berbagai serangan penyakit.

Kentang atau yang dijuluki potato ini sangat berperan penting pada tubuh dan kesehatan anda, termasuk organ pencernaan dan mencegah obesitas.

Selain itu, kentang juga memiliki fungsi penahan lapar lebih lama, sehingga anda tidak akan terlalu sering makan, dan tubuh akan menjadi lebih ideal. Dibelakang itu, kentang juga dapat melancarkan pencernaan.

Akhir kata:


Hallo para pembaca, tim Duniamaya sampai saat ini belum memiliki tim medis, sehingga belum dapat memberikan diagnosis terhadap penyakit.

Kami disini hanya memberikan informasi yang kami tahu, dan sudah terjamin kebenarannya. Karena, sebelum menulis artikel ini kami melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan sumber sumber yang terpercaya.

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, tetap beraktifitas, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih


Sumber: healthline , healthcare, bola.com, alodokter.com, dan hellosehat


Reactions

Post a comment

0 Comments