Ad Code

Fakta tentang Gorengan yang Tidak Membahayakan Kesehatan

 

Photo gorengan by:pixabay.com

Duniamaya~ Gorengan merupakan makanan favorit banyak orang, ya memang seperti itu faktanya. 

Masakan yang digoreng adalah suatu makanan yang lezat ya teman teman, selain lezat gorengan juga mudah ditemui saja dan praktis tentunya.

Gorengan menurut para ahli kedokteran dan kesehatan itu tidak baik untuk kesehatan. Faktanya memang seperti itu jika dikonsumsi berlebihan.

Semua yang dikonsumsi berlebihan pun tidak akan baik untuk kesehatan. Namun, apakah kalian tahu bahwa gorengan memiliku fakta menarik? Yaitu, gorengan tidak membahayakan tubuh kita!

Hah beneran? Kok bisa? Jelasin dong ? Memang ada ya? Ya jelas ada dong kak... Yuk disimak dulu penjelasan berikut ini. Tetapi, jangan hanya dibaca ya, bisa juga kalian bagikan ke teman-teman melalui media sosial Facebook, WhatsApp, ataupun instastory. 

Sudah cukup ya bertele-telenya mari masuk ke penjelasan. Berikut penjelasannya:

  • Jangan beli gorengan di luar, tetapi masak sendiri

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji ketimbang memasaknya sendiri. Kenapa? Selain praktis, membeli masakan cepat saji juga banyak pilihannya ketimbang masak sendiri.

Namun, tahukah kalian justru masakan yang kalian beli diluar belum tentu sehat untuk tubuh kalian sendiri.

New: Mengenal Vaksin COVID-19, dan efek sampingnya

Mengapa demikian? Karena kita tidak tahu bahan-bahan dan alat yang digunakan apakah higenis atau tidak. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita memasak makanan tersebut sendiri dirumah.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan higenis, serta menggunakan minyak yang berkualitas tentunya. Rasanya pun justru lebih nikmat dibandingkan gorengan di pinggir jalan.

Minyak yang baik dan sehat untuk tubuh adalah jenis minyak yang mengandung olive oil, canola oil, dan sesame oil.

Banyak yang beranggapan semua jenis minyak sama-sama dapat menyebabkan kolestrol. Namun faktanya, minyak yang telah saya sebutkan diatas tadi sama sekali tidak akan menimbulkan kolesterol jahat pada tubuh. 

Selain itu, gunakanlah minyak yang baru dibeli, Jangan terlalu sering menggunakan minyak bekas digunakan. Minyak hanya baik digunakan selama 2 kali saja penggunaan saja. 

Baca juga: Jangan Mandi saat Demam, Benarkah Demikian

Jika minyak digunakan berulang-ulang lebih dari 2 kali, maka kandungan didalam minyak yang disebut dengan karsinogen akan semakin banyak dan justru akan menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuhmu, dan jika terlalu sering bisa menyebabkan penyakit kanker loh. Seram kan?

  • Membatasi Porsinya

Fakta yang kedua tentang gorengan yang tidak membahayakan kesehatan adalah dengan membatasi porsinya.

Kenapasih kita harus mengonsumi gorengan sewajarnya atau dengan cara membatasi porsinya? Karena, semua hal baik itu yang baik pula jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan masalah kesehatan yang mungkin bisa berakibat fatal.

Gorengan sebenarnya mengandung banyak lemak dan kolesterol. Jika lemak dan kolesterol bertumpuk secara terus menerus dengan signifikan. Maka, banyak penyakit yang dapat menimpa anda. 

Rekomendasi: peran sarapan bagi kesehatan

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari lemak dan kolesterol tersebut? Yaitu dengan cara mengonsumi gorengan secara tidak berlebihan. 

Membatasi porsinya adalah sesuatu hal yang lebih baik. Bisa dengan mengonsumi gorengan selama sebulan sekali atau setahun sekali, ya mungkin itu terlalu lama buat menahan nafsu kalian terhadap gorengan yang nikmat disantap itu.

Mengonsumi gorengan seminggu sekali juga baik untuk mencegah tumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh, dengan catatan tidak terlalu banyak waktu mengonsumi nya.

Dengan cara ini, maka dampak negatif yang ditimbulkan dari mengonsumi gorengan tidaklah berarti apa-apa bagi kesehatan anda.

  • Variasikan Pengolahan

Fakta menarik gorengan tidak membahayakan kesehatan yang ketiga adalah dengan cara memvariasikan pengolahannya. Mengapa begitu? Karena dengan memvariasikan pengolahan bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Jika ingin mendapatkan kualitas masakan gorengan yang lebih baik lagi, bisa dengan cara menambahkan sayur-sayuran pada pengolahan nya. 

Misalnya, membuat bakwan dari bayam dan sayuran lainnya. Dengan begitu maka gorengan tidak terlalu membahayakan tubuh.

Disarankan setelah mengonsumi gorengan juga sebaiknya mengonsumi teh hangat untuk meminimalisir penumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Dalam artian teh hangat yang tidak terlalu manis.

Setelah mengonsumi gorengan juga di sarankan mengonsumi buah-buahan.



Pesan singkat:


Jika kalian sudah terlalu sering mengonsumsi gorengan sebaiknya mulai dikurangi konsumsi nya atau dengan menbuatnya sendiri. Lanjutkan juga dengan cara mengecek secara rutin kadar kolesterol anda anda ke tenaga medis terdekat.

Jika kadar kolesterol anda sudah tinggi harap segera konsultasikan dengan tim kesehatan terdekat anda..

Jaga kesehatan keluarga anda , sehat itu murah dan akan menjadi mahal jika anda sudah sakit.

Untuk kritik dan saran harap lampirkan di komentar atau bisa hubungi saya melalui email  : adhari1712@gmail.com, Instagram:@adhriirwn_ , atau facebook: Adhari Irawan.

Selalu jaga kesehatan kalian dan keluarga, tetap beraktifitas, dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih



Reactions

Post a comment

0 Comments