Ad Code

Benarkah Tidak Mandi Seharian Berdampak Buruk bagi Kesehatan?

 

Ilustrasi by: google.com

Lampung~ Hallo guys, jadi kali ini admin akan membahas tentang Mandi. Kenapa admin memilih membahas tentang Mandi? Karena melihat diluar sana banyak sekali orang yang jarang mandi yang entah disebabkan oleh pekerjaan atau memang sekedar malas belaka.

Para pembaca blog Duniamaya, Mandi merupakan sesuatu hal yang sangat wajib dan biasa kita lakukan. Saat akan berpergian kita biasanya akan mandi, saat sesudah olahraga pun kita akan mandi. Maka dari itu mandi adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita.

Apa itu mandi?

Seperti yang anda ketahui mandi merupakan kegiatan membersihkan tubuh dan harus dilakukan setiap hari. Kenapa harus dilakukan setiap hari? Jawabannya adalah jika kamu tidak mandi selama beberapa hari, mungkin saja beberapa penyakit akan segera mengganggu kesehatan anda. 

Mengapa demikian? Mandi secara tidak langsung dapat membersihkan debu, kotoran yang menempel pada tubuh, kuman, minyak, keringat, bahkan bakteri sekalipun. Selain untuk membersihkan diri ternyata mandi juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti, mandi dapat membantu kamu menjadi lebih rileks, tidur dengan nyenyak, nyaman, dan tetap segar di pagi harinya. 

Baca juga: - Tidak Boleh Mandi saat Demam, Benarkah Demikian?  

Apa saja sih dampak buruk jarang atau bahkan tidak mandi ? Berikut penjelasan nya

1. Meningkatkan Bau Badan

Kalian semua tidak ingin dong jika badan kalian bau? Selain membuat orang yang didekat kita tidak nyaman , bau badan juga bisa membuat diri kita merasa risih.

Sebagian besar tubuh tertutupi oleh kelenjar keringat, kelenjar ini berfungsi menghasilkan keringat jika suhu tubuh terlalu panas, stres, dan banyak hormon aktif secara fisik. Keringat itu sebenarnya tidak berbau.

Jika keringat tidak berbau, lalu apa yang membuat badan menjadi bau? Bau badan akan muncul apabila keringat bercampur dengan bakteri yang berada di kulit. Bau badan tidak akan muncul jika kamu sering mandi. Bau badan tidak akan dapat dihindari apabila kalian jarang mandi, bau badan biasanya akan lebih menyengat di bagian ketiak dan selangkangan.

2. Mudah Mengalami Masalah Kulit

Bukan hanya resiko bau badan yang dapat menyerang tubuh anda jika anda jarang mandi, namun juga masalah kulit agar cepat menyerang kulit anda. Kebersihan yang buruk akibat jarang mandi dapat menyebabkan tumpukan sel kulit mati, kotoran, dan keringat pada kulit. Hal ini dapat memicu jerawat, psoriasis, dermatitis, dan eksim.

3. Sangat Rentan Terkena Infeksi Kulit

Penyebab utama dari infeksi kulit adalah tidak seimbangnya bakteri baik dan bakteri buruk yang hidup pada kulit. Jika terlalu banyak bakteri jahat maka resiko infeksi kulit akan meningkat secara signifikan. Hal ini dapat menimbulkan dermatitis neglecta, dimana timbulnya suatu bercak plak yang berkembang pada kulit karena diakibatkan oleh kulit yang tidak bersih.

4. Bisa Menyebabkan Hiperpigmentasi

Pada dasarnya mandi dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Jika kamu jarang mandi atau bahkan tidak mandi, maka sel-sel kulit mati ini menempel pada kulit dan menyebabkan Hiperpigmentasi. Apa itu Hiperpigmentasi? Hiperpigmentasi adalah keadaan kulit yang menggelap, dan bentuknya bisa berbentuk bulatan kecil, bercak, hingga melasma, serta berwana kehitaman.

Oleh karena itu kamu hanya perlu rutin mandi untuk mencegah Hiperpigmentasi.

5. Mudah Terserang Penyakit

Kulit merupakan pelindung terbaik dan utama dari serangan bakteri, virus, bahkan jamur. Mandi dapat mencegah kuman tersebut masuk kedalam tubuh kita.

Terutama melalui hidung, mulut, dan mata yang merupakan sumber utama penularan penyakit. Saat mandi, bakteri baik akan meningkat sehingga dapat membantu proses pencernaan.

Ketika anda tidak mandi, maka bakteri jahat akan meningkat pula sehingga kuman lebih mudah masuk ke tubuh, dan anda akan mudah terserang penyakit.

6. Rambut Berminyak dan Berketombe

Tidak hanya kulit yang dapat berminyak, namun rambut juga dapat berminyak ketika anda tidak mandi. Seperti halnya pemicu jerawat di muka, minyak di rambut juga dapat mengganggu kenyamanan.

Pasalnya secara alami kelenjar Sebaceous melepaskan zat sebum untuk membuat rambut menjadi berkilau secara alami. Namun ketika zat sebum menumpuk maka rambut menjadi bermasalah.

Saat rambut yang bertugas menjaga kelembaban kulit kepala tidak di bilas selama beberapa hari, maka sel kulit mati akan menumpuk dan kulit kepala menjadi kotor. Hal inilah yang dapat membuat kulit kepala terasa gatal, berketombe, terasa tidak nyaman, bahkan dapat membuat rambut menjadi rusak.

Rekomendasi untuk anda : Insomnia, Penyakit atau Kebiasaan?

Tips-Tips Mandi yang Benar untuk Menjaga Kesehatan

Dilansir dari laman media healthline, berikut beberapa tips mandi yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:

  • Mandi air hangat. Air hangat dapat mengupas sel-sel kulit mati dan dapat mengupas sel kulit dari minyak pelindung. Tetapi tidak disarankan untuk mandi air hangat setiap hari. Alangkah baiknya jika mandi air hangat hanya 2-3 kali dalam seminggu.
  • Jangan mandi terlalu lama. Mandi yang terlalu lama justru malah dapat membuat kulit menjadi kering, sebaiknya mandi hanya dilakukan selama 10-15 menit saja.
  • Gunakan sabun yang melembabkan. Sabun yang tidak cocok pada kulit justru dapat membuat kulit menjadi rusak. Maka disarankan untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab yang lumayan tinggi.
  • Jangan menggosok terlalu keras. Menggosok dengan keras bukan mengangkat sel kulit mati, justru menggosok terlalu keras dapat membuat kulit menjadi rusak. Jika menggunakan body scrub atau loofah, disarankan agar menggosok dengan lembut saja.
  • Gunakan pelembab setelah mandi. Untuk yang memiliki masalah kulit kering dan sensitif, pada dasarnya mandi dengan sabun saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari segala macam masalah. Disarankan yang memiliki kulit dengan keadaan tersebut menggunakan lotion atau minyak bebas pewangi untuk melembabkan kulit.
  • Jaga agar pouf dan loofah tetap bersih. Untuk yang menggunakan shower ketika mandi, spons yang lembab , loofah, dan pouf shower merupakan tempat utama pertumbuhan kuman, berkembangnya bakteri dan jamur pula. Sehingga, menjaga kebersihan alat mandi merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk mencegah masalah kulit yang dapat terjadi.

Apa Manfaat dari Mandi

Tahukah kamu bahwa mandi itu menyimpan segudang manfaat loh, maka dari itu mandi merupakan hal yang wajib sekali dilakukan.
Menurut verywell health, mandi memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Mengurangi resiko darah tinggi
  • Meningkatkan produksi sel darah putih
  • Meningkatkan kesuburan
  • Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
  • Menghilangkan depresi 
  • Membuat rambut menjadi lebih sehat
  • Mengurangi stress dan cemas
  • Melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku
  • Memperbaiki saluran hidung
  • Mencegah insomnia dan gangguan tidur
  • Mendapat jam tidur yang baik dan berkualitas

Maka dari itu mandi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, apalagi belakangan ini polusi udara sangat banyak terjadi di negara kita tercinta ini.

Pesan singkat dari penulis :

Meskipun hanya beraktivitas dirumah dan didalam ruangan, pastikan kamu tetap rajin mandi. Jika masalah kulit sudah hinggap ke tubuh anda , kamu bisa bertanya ke tenaga kesehatan terdekat baik itu dokter atau yang lainnya untuk mendapat perawatan dan obat-obatan yang dianjurkan untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi.

Saat ini tim duniamaya tidak memiliki dokter untuk berkonsultasi, semoga kedepannya setelah mendapat dukungan dari kalian semua. Kami dapat lebih meningkatkan kepuasan pembaca.

Tetaplah mandi agar tetap sehat dan enak dipandang. sehat itu hal yang sangat murah jika kamu ingin menjaganya, namun akan menjadi mahal apabila kamu malas menjaga dan sudah terserang penyakit.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait artikel atau jika ada yang ingin request mengenai pembahasan kesehatan lainnya bisa langsung klik komentar atau hubungi fb: Adhari irawan , email: adhari1712@gmail.com, fanspage: info kesehatan. Ig : @adhariirwn_

Terimakasih atas minat para pengunjung untuk membaca ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.



Reactions

Post a comment

3 Comments

  1. Infonya menarik gan

    ReplyDelete
  2. bagusnya mandi sekali sehari atau dua kali sehari ?

    di tunggu komentar baliknya di fikal.my.id

    ReplyDelete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain