Ad Code

Ajaib! Ternyata Daun Jeruk Bisa Mengobati Asma, Kanker, sampai Diare

 

Images by : bungabunga.co.id
Lampung- Hallo pembaca setia blog Duniamaya, kali ini admin akan membahas tentang manfaat dari daun jeruk nipis yang jarang diketahui orang.

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang memiliki banyak manfaat ini. Ya, ini adalah jeruk nipis dengan nama ilmiah Citrus aurantiifolia. Jeruk nipis memang sangat terkenal akan khasiat dan manfaatnya. Selain untuk mengobati batuk, jeruk nipis juga biasa digunakan untuk campuran masakan. 

Selain jeruk nipis, ternyata daunnya yang biasa digunakan untuk campuran masakan juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Banyak orang yang bahkan sama sekali tidak mengetahui manfaat dari daun jeruk nipis ini. Sehingga, daun jeruk nipis hanya dibuang dan menjadi sampah yang berserakan begitu saja.

Ingin tahu apa saja manfaat dari daun jeruk nipis ini? Mari dibaca penjelasan nya dibawah ini ↓ (dibawah yaa bukan disamping apalagi diatas hihihi)

Berbagai Macam Manfaat Daun Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat dari daun jeruk nipis diantaranya untuk mengobati beberapa penyakit.

Air rebusan daun jeruk nipis adalah salah satu Teh Herbal favorit yang dimana menurut penelitian ampuh untuk mengobati flu hingga hipertensi loh. 

Dilansir dari laman media Medicinal Herbs, air rebusan daun jeruk nipis akan berwarna hijau pekat. 

Eits lebih baik langsung intinya jangan bertele-tele seperti ini langsung saja, apasih manfaatnya bagi kesehatan? Yuk dibaca 

1. Baik untuk syaraf dan aliran darah

Air rebusan daun jeruk nipis adalah obat alternatif terbaik untuk mengobati tonik saraf, tekanan darah tinggi, dan memperlancar aliran darah.
Hanya dengan mengonsumi air rebusan daun jeruk nipis secara teratur dan secukupnya, beberapa masalah yang berkaitan dengan syaraf dan aliran darah dapat segera teratasi.

2. Baik untuk pernapasan

Banyak masyarakat yang sudah mengenal bahwa jeruk nipis baik untuk pernapasan. Tetapi, hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa daunnya juga ternyata baik untuk saluran pernapasan diantaranya dapat mengobati flu, batuk, asma, bronkiak, dan gangguan pernapasan lainnya.

3. Lawan kanker

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa daun jeruk memiliki segudang manfaat. Daun jeruk kaya akan vitamin C serta flavonoid yang menjadikan nya obat herbal yang baik untuk mengobati penyakit seperti jantung dan kanker.

4. Mengatasi masalah pencernaan dan mual

 Daun jeruk baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan lainnya, juga baik untuk mencegah mual dan muntah. Sampai saat artikel ini ditulis belum ada laporan mengenai efek samping penggunaan daun jeruk untuk mengobati masalaj pencernaan dan mual.

Rekomendasi untuk anda : Tidak Boleh Mandi Saat Demam, Benarkah Demikian?

5. Obat untuk anti inflamasi atau anti radang

Obat antiinflamasi atau antiradang adalah obat untuk mengurangi radang. Setengah dari obat-obatan analgesik adalah obat antiinflamasi. Obat ini dapat mengurangi radang dan menghilangkan rasa nyeri yang terjadi. Air rebusan daun jeruk nipis juga baik untuk mengobati radang sendi, jus ini juga baik untuk digunakan menjadi disinfektan untuk luka, seperti luka dan memar.

Cara penggunaan:

Cukup rebus 4 hingga 6 lembar daun jeruk nipis dalam air secukupnya, dan cukup beberapa menit saja. Lalu setelah itu tambahkan sedikit gula merah, jangan menambahkan gula pasir.

Meskipun daun jeruk nipis memiliki segudang manfaat alangkah baiknya untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumi nya.


Terimakasih telah membaca artikel berikut. 

Jaga kesehatan keluarga anda, ingat hidup sehat itu adalah sesuatu yang berharga.

Mengenai saran dan kritik harap segera berkomentar atau bisa langsung hubungi email: adhari1712@gmail.com. ig :@adhriirwn_ , fb :Adhari Irawan

Sumber: jawapos.com , Kontan.co.id



Reactions

Post a comment

3 Comments

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain