Ad Code

Tidak Boleh Mandi saat Demam, Benarkah demikian?

 

Image by :www.google.com/images

Duniamaya~ Demam adalah keadaan dimana tubuh bereaksi terhadap infeksi atau penyakit yang datang menyerang tubuh, sehingga tubuh mengalami peradangan dan suhu tubuh menjadi naik.Tetapi pernahkah kalian saat demam mendengar kata kata begini "jangan mandi saat demam itu tidak baik" benarkah anggapan tersebut? Berikut penjelasannya..


Orang sakit harus senantiasa bersih

Sebenarnya dalam dunia kedokteran tidak mandi dan demam sangat tidak ada hubungannya sama sekali loh, kenapa begitu? Karena mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri serta menurunkan resiko terjadinya penyakit akibat higenitas tubuh yang kurang.
Tahukah kalian ? Mandi saat sakit demam juga bisa membuat penderita merasa lebih nyaman dan lebih segar.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan mandi saat demam loh. Apa saja? Berikut penjelasannya


  • Mandi dengan air hangat

Demam sebenarnya bukanlah penyakit tetapi respon tubuh melawan infeksi sehingga menaikkan suhu tubuh. Kamu dikatakan demam jika tubuh mu sampai pada suhu 38-39°Celcius, sedangkan pada anak anak bisa dikatakan demam jika sampai pada suhu 37° celsius. Kenapa sih kita harus mandi dengan air hangat saat demam? Temukan jawabannya dibawah ini

Perhatikan suhu air saat mandi , banyak yang beranggapan bahwa mandi dengan air dingin bisa menurunkan suhu tubuh saat deman , faktanya itu tidak benar. 
Mandi dengan air dingin justru dapat memicu sistem pengaturan suhu sehingga menaikkan suhu tubuh, akibatnya anda akan lebih demam. 
Suhu air saat mandi yang di rekomendasikan adalah suam suam kuku (lukewarm) atau yang sedikit lebih hangat dari suhu tubuh saat ini. Mandi dengan air hangat bisa membuat otot lebih rileks dan menurunkan suhu tubuh.

  • Durasi mandi


Mandi dengan intensitas waktu yang lama justru dapat membuat kulit semakin kering dan suhu tubuh menjadi naik. Jadi, sebaiknya mandi lah hanya berdurasi 10-15 menit saja, agar suhu tubuh berangsur angsur normal.

  • Lakukan penyekaan mandi jika merasa tidak nyaman

Mandi saat demam sering kali membuat tidak nyaman. Jika kamu tidak bisa menahan risih saat mandi kamu bisa membasahi tubuh dengan lap basah sebagai pengganti mandi. Hanya saja meski begitu tubuh tetap terasa lengket hal inilah yang membuat kamu merasa tidak nyaman. 

Selain beberapa hal yang telah saya jelaskan tersebut menjaga kebersihan rongga mulut harus dilakukan secara teratur. Menyikat gigi amatlah penting untung mencegah kuman berkembang biak dalam tubuh. Karena itu jangan lupa selalu membersihkan gigi dan rongga mulut dengan sikat gigi dua kali sehari.

Selanjutnya konsumsi makanan bergizi, perbanyak istirahat, dan penuhi juga kebutuhan cairan.
Perlu anda ketahui hal-hal tersebut justru dapat menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

Apabila dengan langkah-langkah tersebut demam tidak kunjung turun harap segera hubungi tempat medis terdekat. Untuk mengetahui seputar demam lainnya bisa langsung ditanyakan ke tenaga medis terdekat.

"Jaga kesehatan keluarga anda , kesehatan itu murah dan menjadi mahal saat anda sakit"


Halo para pembaca, terimakasih telah membaca artikel kesehatan ini semoga bermanfaat, untuk kritik dan saran harap hubungi email atau lewat link about me yang tertera di side bar. Bisa juga langsung komentar di bawah artikel ini
Terimakasih

Reactions

Post a comment

10 Comments

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain