Ad Code

Insomnia, Penyakit atau Kebiasaan?

 Dunia Maya- Pada saat kelelahan setelah beraktifitas kita akan memilih untuk istirahat atau bahkan tidur, apalagi ditambah dengan cuaca yang mendukung dan keadaan yang tidak ada gangguan , serasa surga dunia bukan. Namun, banyak dari kita yang mengalami insomnia. Apasih insomnia itu?, Apa penyebab nya? Bagaimana cara mengobatinya?.

   Di sini akan saya bahas tentang Pengertian Insomnia, Penyebabnya, Cara mengobatinya, dan dampaknya bagi tubuh.


      Sumber photo by : Indonesia National Geoghrapic

  A. Pengertian Insomnia

       Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur yang terjadi pada banyak orang, sehingga membuat dirinya kekurangan waktu tidur yang dibutuhkan tubuh dan membuat fisik menjadi lemah.

  Berikut Pengertian Insomnia Menurut Beberapa Ahli: 
  1.Menurut DSM IV ( Diagnostic and statistical Manual of Mental Disorder, 2000), Insomnia adalah kesulitan bagi individu untuk memulai , merasakan, dan mempertahankan kualitas tidur yang baik.
  2. Menurut Nevid (2003), Insomnia berasal dari 2 kata yaitu in ( tidak) dan somnus ( tidur). Jadi Insomnia adalah tidak dapat tidur atau sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur, dan sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.
  3. Menurut Hoeve (1992), Insomnia merupakan keadaan tidak dapat tidur atau terganggunya pola tidur.

B. Penyebab insomnia

  Insomnia disebabkan oleh banyak hal diantaranya adalah sebagai berikut :

         1.Gangguan psikologi antara lain: 

             >  Gangguan kecemasan; panik atau stres pasca trauma ( PTSD)
            > Gangguan psikosis ; skizofrenia
             > Gangguan suasana hati : Depresi atau bipolar
           

         2. Gangguan kesehatan  antara lain:

               > Gangguan pada hormon dan jantung
               > Gangguan pada otot dan sendi
               > Gangguan pada organ kemih
               > Gangguan pada pernafasan dan pencernaan
               > Gangguan pada saraf
               > Syndrome sulit tidur, sleep apnea dan narkolepsi
               > Diabetes dan kanker

          3. Gaya hidup tidak sehat antara lain: 

               >Merokok dan menggunakan narkotika

          4. Faktor lingkungan antara lain:

                > Suara bising
                > Lampu yang terang 
                > Tidak nyaman

C. Cara mengobati insomnia

   Cara mengobati insomnia antara lain: 
 > Mediasi  : mengonsumsi obat penenang, Anti depressan, dan anti histamin.
> Terapi    :  terapi cahaya dan perilaku kog itif.
> Perawatan diri : memperbaiki kebiasaan tidur dan pola hidup sehat.

 D. Dampak insomnia bagi tubuh
 

Berikut ini beberapa dampak insomnia bagi tubuh:
> Meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan, seperti: stroke, asma, diabetes melitus, obesitas, jantung, dan hipertensi.
> Meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental atau psikologis, seperti: depresi, mudah gelisah, kebingungan, dan frustasi.
> Mempengaruhi kegiatan atau aktivitas sehari hari, seperti : bekerja dan memgemudi.
> Mempengaruhi kemampuan daya ingat.
> Mempengaruhi kemampuan dalam pengambilan keputusan.

 Tidur adalah aktifitas penting bagi tubuh untuk pemulihan dan menenangkan tubuh.

 "Your dream may seem imposible to someone with insomnia" (junnita jackson).


Jika memiliki pertanyaan dan saran harap segera komentar atau kunjugi akun instagram @Adhriirwn_ dan facebook : Adhari Irawan


~Terima kasih sudah membaca.
Reactions

Post a comment

6 Comments

  1. Replies
    1. Okesama sama, tetap ikuti terus blog ini untuk informasi bermanfaat lainnya.

      Delete
  2. Apa insomnia juga bisa di sebabkan karena kebiasaan bergadang duja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar, jadi insomnia disebabkan oleh kebiasaan seperti begadang dan bermain gadget sebelum tidur.

      Delete

Harap berkomentar sesuai topik dan jangan menyinggung satu sama lain