Ilustrasi begadang by: Tribunnews.com

Duniamaya- Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebanyakan manusia sering melakukan aktifitas begadang, entah itu karena pekerjaan ,bermain game, atau sekedar bersenang senang ria. 

Tetapi apakah kalian tau bahwa begadang ini memiliki banyak dampak loh bagi tubuh. Mulai dari dampak positif dan bahkan ada dampak negatifnya juga.

Mau tau apa saja dampaknya? Cekidot kita bahas dibawah ini

1. Dampak Positif Begadang Bagi Tubuh

 Apakah kalian pernah begadang? Pasti kalian akan menjawab ya. Tetapi apakah kalian tahu begadang memiliki dampak positif juga loh bagi tubuh jika tidak dilakukan secara berlebihan. Berikut dampak positifnya:
  • Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.
     Apakah kalian percaya bahwa begadang bisa membuat seseorang semakin cerdas? Ya, sayapun awalnya tidak percaya. Namun, setelah sebuah studi di  Amerika Serikat (AS) mempublikasikan melalui jurnal medis "elsevier" yang dimana mereka mengemukakan bahwa orang yang terbiasa begadang memiliki nilai IQ yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur di waktu sore hari.
Tim dari studi tersebut juga mengatakan bahwa orang-orang yang begadang memiliki nilai tangkap baik itu terhadap pelajaran ataupun norma-norma kehidupan lebih baik dibandingkan mereka yang tidur diwaktu sore hari.
  • Dapat berkonsentrasi dengan baik di sore hari.
Orang yang sering begadang cenderung bisa bertahan dalam hal kerja lembur dibandingkan orang yang terbiasa tidur sore hari.
Itu disebabkan oleh meningkatnya aktifitas otak terutama "korteks selebral" pada sore hari.
  • Lebih relaks.
Mengapa orang yang sering begadang bisa menjalani kehidupannya dengan lebih relaks dibanding kita? Ya, karena begadang bisa menjadi sarana "me-time" yang sangat baik dan dapat membanmelepaskan stress dan mebuat orang menjadi lebih relaks.
  • Memiliki penalaran dan kreativitas yang tinggi.
Para ahli mengatakan orang yang sering begadang dalam artian untuk bekerja dan bangun waktu siang untuk keesokan harinya memiliki kerakter ekstrover dengan kemampuan penalaran yang sangat baik.
Selain itu, kemampuan ekstrover itu juga berkaitan dengan kreativitas yang tinggi.

2.Dampak Negatif Begadang

Tahukah kalian? Selain begadang menimbulkan dampak positif yang baik bagi tubuh, ternyata dampak negatif begadang juga sangat banyak loh mau tau apa saja? Mari cek
  • Rentan mengalami kecelakaan karena sulit berkonsentrasi.
Mengapa sih bisa meningkatkan resiko kecelakaan? Ya, dikarenakan sulitnya berkonsentrasi dan kantuk yang sangat sulit ditahan banyak seseorang merenggut nyawa disebabkan oleh begadang ini. 
Contohnya saja peristiwa chernobyl yang dijadikan film itu. 
Di Amerika Serikat banyak yang mengalami kecelakaan akibat kantuk yang tidak tertahan, bahkan di negara tercinta kita Indonesia pun mengalami kejadian yang sama. Sebuah studi juga menjelaskan bahwa kurangnya jam tidur dan kurangnya kualitas tidur karena begadang, bisa meningkatkan resiko kecelakaan yang tinggi saat bekerja.

Baca juga: insomnia, penyakit atau kebiasaan?
  • Memicu timbulnya penyakit 
Sebuah studi mengatakan kurangnya tidur dapat meningkatkan resiko penyakit serius bersarang didalam tubuh. Di antaranya:
  1.  Penyakit jantung
  2. Serangan jantung
  3. Gagal jantung
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Stroke
  6. Diabetes
  • Beresiko mengalami obesitas
Begadang memiliki dampak yang sama dengan makan terlalu banyak dan jarang olahraga. Hal ini disebabkan karena sewaktu tidur ada dua hormon yaitu leptin dan grelin mengatur rasa lapar dan  kenyang pada tubuh
  • Mengurangi gairah seksualitas dan menurunkan produksi hormon
Para ahli percaya bahwa kurang tidur bisa menurunkan libido seks sehingga berdampak pada kurang tertariknya seseorang terhadap seks.
Hormon pertumbuhan dan hormon testosteron juga terkena dampak oleh kurangnya jam tidur ini.
  • Menurunnya sistem imun
Pada saat anda tertidur lelap tubuh akan memproduksi sitokin, yang bisa melawan bakteri dan virus. Sitokin juga bisa membantu anda tertidur lelap, sehingga sistem imun mengalami kenaikan dan bisa menangkal penyakit yang datang.
  • Bikin pikun
Dalam sebuah studi di Amerika Serikat dan Perancis mereka membuktikan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan kepikunan atau sering lupa
  • Meningkatkan resiko kematian
Dalam sebuah jurnal bernama whitehall ll study yang sudah diteliti oleh para peneliti dari Inggris. Mereka mengemukan bahwa orang yang sering begadang memiliki resiko kematian yang tinggi.
Mereka yang terbiasa memotong tidurnya hinggal 5-7 jam memiliki resiko kematian tinggi akibat serangan jantung.


Mari hidup sehat, perbaiki waktu tidurmu. Seperti lagu milik H. Rhoma Irama bahwa jangan begadang jika tidak ada gunanya.
Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat bagi kita semua.
Jika masalah akibat begadang anda rasakan harap hubungi dokter agar diberikan penanganan yang lebih baik

Catatan kecil bagi pembaca

 Jika anda begadang dikarenakan gaya hidup anda, lebih baik kurangi. Meskipun ada dampak positifnya, tetapi dampak negatifnya sangat beresiko bagi kesehatan. Tetapi, jika anda mengalami insomnia sehingga anda sering begadang harap segera hubungi dokter agar segera diatasi. Terimakasih.

Harap tinggalkan kritik dan saran di komentar atau langsung kunjungi halaman about me