Ad Code

Bahaya Mengonsumsi Mie Instan bagi Tubuh.

Foto Mie Instan by:Wikipedia.com
Duniamaya~ Siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan favorit sebagai pengganti
nasi ini, ya itu adalah Mie Instan. Karena rasanya yang nikmat makanan ini digemari oleh banyak orang, dan memiliki daya tariknya sendiri bagi masing-masing orang.
 
Bahkan, Mie instan banyak digemari oleh di berbagai dunia, termasuk Indonesia. Cara penyajiannya pun berbeda beda.

Namun di balik kelezatannya, jika terlalu sering mengonsumsi mie instan ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tahukah kalian? Mie instan kemasan mengandung sedikit nutrisi namun sodium didalamnya tergolong tinggi. 

Mie instan kemasan terbuat dari tepung, garam, dan minyak yang mengandung penyedap rasa atau bumbu seperti MSG ( monosodium glutamat). Pada dasarnya jika terlalu sering mengonsumsi MSG dapat mengganggu kesehatan. 

Mie instan juga dapat menganggu pencernaan dikarenakan kandungan serat dan proteinnya cukup rendah. Sedangkan kandungan lemak, karbohidrat, dan natrium dalam mie instan sangat tinggi. Sehingga tidak sesuai dengan AKG ( Angka Kecukupan Gizi).

Mau tahu apa saja bahaya jika terlalu sering mengonsumsi mie instan?. Berikut sudah saya rangkum dari berbagai sumber:

Bahaya Mengonsumi Mie Instan


1. Gangguan pencernaan.
      
Bagi  sebagian orang mengonsumsi mie instan dianggap sebagai pengganti nasi sehingga hampir setiap hari harus mengonsumsi mie instan. 
Mie instan tidak baik untuk sistem pencernaan karena kandungan serat dan nutrisi bagi tubuh cukup rendah. Sehingga dapat menyebabkan gangguan siklus Buang Air Besar ( Sembelit).
Pada dasarnya kandungan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Mie instan mudah dengan cepat membuat orang merasa kenyang. Namun, sangat tidak baik jika terlalu sering mengonsumsi nya.

2. Obesitas

Mie instan memang cepat mengenyangkan namun juga membuat kamu mudah lapar, dan memaksa kamu ingin makan kembali.
Selain itu Mie instan juga memiliki karbohidrat dan kalori yang tinggi, banyak yang mengonsumsi dengan menambahkan nasi. Dan ada juga yang sering mengonsumsi dimalam hari. Hal inilah yang membuat orang kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas yang cepat.

3. Diabetes

Mie instan dapat mengganggu kadar gula darah dan pelepasan, sehingga sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Sehingga mengakibatkan pencernaan berjalan lambat. Mie instan juga mengandung banyak bahan kimia beracun dan pengawet sehingga tidak baik untuk kesehatan.

                   Insomnia, penyakit atau kebiasaan
4. Beresiko Kanker

Bahan kimia yang terdapat dalam mie instan bersifat karsinogenik yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dengan cepat.

5. Beresiko keguguran

Bagi ibu hamil mie instan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan bumbu dengan bahan pengawet yang berada di dalam mie instan dapat mengganggu perkembangan janin sehingga dapat menyebabkan keguguran.

6. Beresiko terkena batu ginjal

Banyak yang tidak menyadari kenapa mie instan dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Mie instan dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal ini karena adanya kandungan garam dalam mie instan yang cukup tinggi. Solusi nya adalah anda harus banyak minum air putih setelah makan mie instan.

7. Kerusakan hati

Zat yang terdapat didalam mie instan dapat mengganggu fungsi hati.

8. Mengganggu jadwal menstruasi

Kenapa sih kok dapat mengganggu jadwal menstruasi? Ini disebabkan karena kandungan sodium yang tinggi yang terdapat dalam mie instan dapat mengganggu hormon sehingga mengakibatkan jadwal menstruasi yang kurang teratur. Hormon yang terganggu itujuga yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara Mengonsumsi Mie Instan yang Baik

  • Membuang air bekas rebusan mie instan. Air rebusan mie instan yang pertama mengandung zat pengawet yang tinggi. Sehingga dapat mengakibatkan efek buruk bagi yang menginsumsinya.
  • Batasi konsumsi mie instan.
  • Konsumsi satu porsi mie instan saja, jangan dobel.
  • Campurkan mie instan dengan sayur bukan nasi ataupun telur.
  • Gunakan bumbu racikan sendiri menggunakan bahan dapur alami tanpa menambah kan micin atau SMG.
  • Jangan menambahkan saus tapi gunakan cabai sebagai pemberi rasa pedas alami.
Reactions

Post a comment

0 Comments